Upaya mewujudkan Kemandirian Nasional menuju pengakuan Internasional

Kemandirian nasional yang dinantikan warga merupakan kemandirian di segala sektor kehidupan bangsa, mulai dari kemandirian psikologi bangsa, kemandirian ekonomi bangsa, dan kemandirian politik national dan international yang berwibawa.Kemandirian nasional adalah adanya kesadaran dalam diri bangsa untuk bisa mendisiplin, mengurus, mengelola bangsa dengan cara dan tenaga sendiri, tidak tergantung pada bangsa lain mempu mengelola sendi, tanpa melupakan sebagai bangsa yang merdeka, Sekarang ini kemandirian nasional makin disoroti, sebagai aspek kepribadian bangsa, kemandirian memiliki peranan sangat penting dalam berbangsa dan bernegara. Hal ini bisa dibuktikan dengan makin didengungkannya kemandirian nasional oleh berbagai elemen anak bangsa.
Tahapan kemandirian nasional bisa dengan swadaya, swakarya dan swasembada. Untuk mewujudkan kemandirian nasional dibutuhkan  bimbingan dan pengarahan untuk mewujudkan kemandirian, piguritas atau contoh untuk kemandirian nasional, secara psikologis dengan contoh dan bimbingan pelaku kemandirian akan merasa tenang tanpa merasa kehawatiran untuk gagal dalam mewujudkan kemandirian,  bimbingan dan contoh inilah harus bisa diperankan  untuk menyakinkan mendorong pelaku kebijakan biar bisa mandiri, jika pada pemangku kebijakan sekarang tidak berhasil maka pembinaan kemandirian nasional harus dipersiapkan kepada generasi yang akan datang, karena dengan kemandiriaan inilah bangsa bisa bermartabat dimata bangsa-bangsa dan bisa sejahtra bagi warganya.
Salah satu contoh usaha yang dilakukan oleh anak bangsa adalah seperti halnya yang sedang dilakukan oleh mahasiswa/i Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia yang tergabung dalam COMPFEST 2011. Yang mengadakan berbagai macam kompetisi, workshop, seminar, entertainment, dan exhibition yang mengusung semangat meningkatkan Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Pengakuan Internasional.
Jika Indonesia telah membudayakan dan telah menjadi karaktek kepribadiaan bangsa untuk mampu mengelola yang ada secara mandiri dan menciptakan prodak baru, ini merupakan keberhasilan bangsa yang mandiri, kenapa tidak bisa untuk mewujudkan itu? toh bangsa ini punya potensi untuk bisa.

Comments :

0 komentar to “Upaya mewujudkan Kemandirian Nasional menuju pengakuan Internasional”

Posting Komentar